Home » , » Penyebab Dan Solusi LCD Laptop Tidak Menyala

Penyebab Dan Solusi LCD Laptop Tidak Menyala

Laptop/notebook atau netbook sudah pasti akan mengalami masalah yang satu ini yaitu layar LCD tidak menyala atau tidak menampilkan gambar. Penyebab terjadinya masalah ini biasanya dikarenakan masalah perangkat keras (hardware) namun juga bisa terjadi karena masalah perangkat lunak (software). Sehingga dalam mengatasi masalah ini akan berbeda-beda antara dikarenakan hardware maupun software.
Langsung saja, berikut ini penyebab yang biasa terjadi pada masalah layar LCD laptop/notebook atau netbook:
  1. Layar LCD tidak menyala ketika laptop akan dinyalankan, kemungkinan yang dapat terjadi pada masalah ini adalah pemakaian sebelumnya terjadinya software yang bermasalah, maupun terjadinya masalah pada hardware, seperti over head yang terjadi pada processor, konsleting, dan lain sejenisnya.
  2. Layar LCD yang secara tiba-tiba mati ketika posisi laptop masih menyala, dikarenkan dumb crash memory, crash yang dialami pada VGA, dan crash yang dialami pada system.
Beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi layar LCD laptop/notebook atau netbook yang mati atau tidak menyala, sebagai berikut:
  1. Solusi yang sederhana ketika layar LCD laptop secara tiba-tiba mati ketika keadaan laptop masih menyala adalah dengan mematikan laptop atau melakukan shutdown secara paksa. Jika masalahnya dikarenakan software yaitu seperti terjadinya dumb crash, memory, system crash, crash VGA. Penjelasan sederhananya adalah ada file yang ketika sedang dioperasikan tidak dapat dieksekusi oleh system, maka layar LCD tidak dapat menyala atau tidak menampilkan gambar. Solusi ini jika memang hanya dikarenakan software yang bermasalah.
  2. Lepaskanlah baterai laptop kemudian membiarkannya selama kurang lebih 5-10 menit. Solusi ini dilakukan karena dikhawatirkannya terjadi masalah pada supply listrik pada laptop, yang mana dapat mengakibatkan kinerja proseccor, memori, atau IC pada board akan terjadi gangguan. Kemudian setelah membiarkan 5-10 menit pasang kembali baterai laptop, tujuannya adalah agar membuatelectricity reset pada hardware laptop yang telah bekerja. Sehingga jika hardware pada laptop tidak ada yang rusak, akan menjadikan seluruh hardware akan berkerja dengan prima.
  3. Jika solusi diatas belum dapat menyalakan layar LCD, maka solusi ini akan terlalu berat untuk dilakukan yaitu dengan membongkar laptop anda. Kemudian lepaslah beberapa part yang tertempel pada board, paling utama processor serta kipasnya dan juga kabel flexible LCD. Jika perlu dibersihkan komponen-komponen yang didalam laptop, lsegera bersihkan. Kemudian pasang kembali semua komponen yang sebelumnya dilepas dengan benar.
Demikian ulasan arikel tentang Penyebab Dan Solusi LCD Laptop Tidak MenyalaSemoga bermanfaat dan berhasil. Terimakasih.
Apabila masih belum berhasil, hubungi kami untuk menyervis laptop dan komputer anda..
CP:
Zakiya 081234363563
Imam 081259352888
Atau datangi kantor kami
(PT.Karunia Mandiri Consultant)
Jl.Kedung Asem 47 Rungkut Surabaya..

0 komentar:

Posting Komentar