Home » » Cara agar laptop tidak cepat panas

Cara agar laptop tidak cepat panas

Laptop atau notebook sangat tidak tahan terhadap panas. Jika laptop sudah terlalu panas maka bisa jadi nantinya akan mati dengan sendirinya, dan bila ini terjadi berkali-kali maka akan memperpendek umur laptop. Kerusakan yang paling sering terjadi akibat laptop sering mati mendadak adalah harddisk.

Berikut di bawah ini adalah tips dan cara agar laptop tidak cepat panas:
  1. Gunakan cooling pad untuk laptop
    Cooling pad membantu mengeluarkan udara panas dari laptop. Jika cooling pad kotor, jangan lupa untuk membersihkannya agar tidak ada debu yang menempel pada laptop.
  2. Nyalakan laptop diruang terbuka atau setidaknya udara bisa mengalir bebas
    Jangan menyalakan laptop di atas pangkuan Anda ataupun di atas permukaan lunak seperti kasur, bantal, sofa. Karena permukaan yang lunak dapat menghambat lubang sirkulasi udara laptop.
  3. Ubah perfomance laptop anda
    1. Buka Power Options dari ikon baterai yang biasanya ada di system tray atau lewat control panel
    2. Sekarang buka menu berikut: Change Plan Settings – Change Advanced Power Settings.
    3. Pada windows yang muncul klik pada Processor Power management – Maximum processor state, dari sini anda dapat mengatur settingan maksimum pada on battery plugged in.
    Tergantung pada kinerja sistem laptop anda, konfigurasi dan kebutuhan dapat disesuaikan menjadi 90% atau bahkan 80%.
    Dengan mengurangi sedikit persentase konsumsi Processor maka dapat mengurangi panas yang dihasilkan sekitar 10-20 °C, dan tidak akan terlalu memperlambat kinjera laptop anda. Jika kinerja komputer masih lancar saja, maka dapat diturunkan ke 80%, maka masalah laptop overheat atau terlalu panas dapat dikurangi.
  4. Hindari overclock kinerja laptop
    Jangan overclock kinerja laptop kalau tak perlu. Overlock dengan perangkat lunak pihak ketiga akan menyebabkan panas yang berlebihan pada komponen-komponen laptop sehingga memperbesar peluang laptop Anda untuk kepanasan.
  5. Gunakan laptop di tempat yang sejuk atau ruangan ber-AC
    Hindari menggunakan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  6. Istirahatkan laptop
    Apabila Anda seorang yang suka main game dengan laptop, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk laptop Anda. Karena LCD dan komponen laptop lainnya sangat rentan dengan panas.
  7. Bersihkan kipas & heatsink laptop dari debu
    Laptop yang sudah lama dipakai tentunya debu akan menumpuk di sekitar kipas & heatsink. Debu akan menghalangi udara yang masuk lewat cooling pad dan juga hembusan udara panas yang keluar.
Semoga tips cara membuat laptop tidak cepat panas diatas dapat bermanfaat dan laptop anda bisa jadi awet dan tahan lama.

0 komentar:

Posting Komentar