Home » » Tips Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Tips Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Coba dulu untuk membersihkan debu
Untuk Anda para perokok atau pengguna laptop yang sering bermain dan menyimpan laptopnya disembarang tempat maka debu dan abu rokok mungkin saja permasalahan Anda. Menggunakan laptop sambil merokok tentunya secara tidak sadar akan menjatuhkan abu rokok Anda pada sela-sela keyboard laptop. Belum lagi jika Anda menggunakan laptop diluar ruangan atau seperti pinggir jalan yang berdebu, yang tentunya debu-debu tersebut akan beterbangan masuk juga ke dalam laptop Anda.

Nah, untuk Anda memiliki kelakuan seperti di atas solusi terbaiknya adalah membersihkan keyboard laptop Anda. Pada beberapa laptop keyboardnya hanya terpasang biasa saja. Cukup menggunakan penungkit untuk membuka keyboardnya dan bersihkan debu yang melekat. Atau Anda juga bisa menggunakan vacum cleaner untuk mengisap debu yang ada di dalam tanpa harus membuka keyboardnya. Setelah Anda rasa keyboardnya sudah bersih, untuk menghingari debu dan abu rokok sebaiknya Anda gunakan kondom atau pelapis keyboard khusus, dan selalu menutup rapat laptop Anda setelah digunakan. Namun, jika keyboard laptop Anda masih juga tidak dapat berfungsi, silahkan Anda coba tips kedua di bawah ini.


Restart atau shutdown laptop

Proses restart atau shutdown itu dapat membantu hardware dan sistem komputer Anda bekerja lebih fresh. Karena, semua cache yang tersimpan pada memori akan terhapus. Nah, permasalahan keyboard error atau tidak berfungsi ini juga bisa saja karena kesalahan setting atau adanya program yang hang dan membuat keyboard Anda tidak berfungsi. Jika, setelah direstart atau shutdown keyboard Anda masih tetap tidak dapat berfungsi, coba gunakan sistem restore untuk mengembalikan settingan laptop Anda sehari sebelumnya atau pada saat keyboard Anda masih normal.


Gunakan keyboard USB (Eksternal)

Jika, kedua cara di atas masih juga belum berfungsi maka cara ketiga ini bisa Saya jamin berfungsi 99%. Gunakan keyboard ekternal atau USB sebagai alternative Anda. Karena, keyboard USB ini tidak terhubung dengan panel keyboard di motherboard laptop Anda. Penggunaan keyboard USB ini sama halnya dengan penggunaan keyboard pada PC, yang bisa Anda gonta – ganti semau Anda.


Ganti keyboard

Jika, Anda merasa penggunaan keyboard alternative seperti keyboard USB tidak efektif karena lebih ribet menenteng laptop beserta keyboardnya secara terpisah. Maka solusi terbaik adalah memeriksakan laptop Anda pada teknisi atau servis center laptop tersebut. Mungkin saja keyboard laptop perlu diganti dengan keyboard laptop baru yang sejenis.

0 komentar:

Posting Komentar